Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar geografi siswa Pada litosfer
Main Author: | Hanny Hardianti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pa da materi litosfer. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat tahun pelajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi ekperimen. Pada penelitian ini sampe Kelas X-I sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan siswa kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan adalah intrumen tes, lembar observasi dan angket. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa hasil belajar geografi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh nilai thitung sebesar 3,058 dan ttabel sebesar 1,677 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa.