Pengaruh trait kepribadian, dukungan sosial, dan gaya mengajar dosen terhadap self regulated learning mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Main Author: Siti Nur'aeniah
Format: Masters
Terbitan: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81906-SITI NUR�AENIAH-PPS-PSI.pdf
Daftar Isi:
  • Data menunjukkan bahwa ada ketimpangan jumlah mahasiswa yang masuk dengan yang lulus setiap tahunnya. Kondisi ini salah satunya dipengaruhi oleh proses belajar mahasiswa. Study menunjukkan bahwa self regulated learning merupakan salah satu aspek psikologis yang mempengaruhi proses belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara bersama dan secara masing-masing dari trait kepribadian, dukungan sosial, dan gaya mengajar dosen terhadap self regulated learning mahasiswa. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berjumlah 275 orang yang diambil dengan cara convenience sampling technique. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ) untuk mengukur self regulated learning, International Personality Item Pool (Mini-IPIP) untuk mengukur trait kepribadian, The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) untuk mengukur dukungan sosial, dan alat ukur gaya mengajar dosen. Uji statistik menggunakan metode analisa regresi berganda. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh bersama yang signifikan dari trait kepribadian, dukungan sosial, dan gaya mengajar dosen terhadap self regulated learning mahasiswa sebesar 49% (2) ada pengaruh positif dan signifikan dari trait kepribadian (openness, conscientiousness, neuroticism, dan agreeableness), dukungan sosial (significant others dan family), dan gaya mengajar dosen tipe delegator terhadap self regulated learning mahasiswa; (3) sedangkan gaya mengajar tipe authority berpengaruh negatif secara signifikan terhadap self regulated learning mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga faktor yaitu trait kepribadian, dukungan sosial, dan gaya mengajar dosen perlu menjadi pertimbangan fakultas untuk meningkatkan self regulated learning mahasiswa agar proses belajar menjadi semakin baik