Pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar IPS siswa (quasi eksperimen di SMP PGRI 1 Ciputat Kelas VIII.5 dan VIII.8)
Main Author: | Evi Nurlaeli |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81886-EVI NURLAELI-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar IPS Siswa kelas VIII.5 dan VIII.8 di SMP PGRI 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Ciputat. Dengan menggunakan purposive sampling, sampel yang terpilih yaitu kelas VIII.5 dan VIII.8. Jumlah total sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 80, dimana masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa 25 soal berbentuk pilihan ganda, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji statistisk parametrik teknik Uji T dan berdasarkan hasil perhitungan diperoleh perhitungan posttest kelas eksperimen dan kontrol yakni pada derajat signifikansi 0.05 to (2.015) > tt (1.665). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar IPS siswa. Menurut hasil wawancara dan observasi pada penelitian ini model pembelajaran Treffinger dapat melatih siswa untuk lebih memiliki sikap positif seperti percaya diri, mandiri, saling membantu, kreatif dan bekerja sama.