Hubungan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang rawat jalan umum di Puskesmas Ciputat Timur Tahun 2015

Main Author: Halimatusa'diah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Beberapa penelitian menyatakan bahwa adanya hubungan mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang. Berdasarkan data Puskesmas Ciputat Timur menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien lama dari tahun 2013 sebanyak 42.912 menjadi 14.923 pada tahun 2014. Penurunan jumlah kunjungan ini mengindikasikan kemungkinan adanya ketidakpuasan pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan sehingga mempengaruhi tingkat pemanfaatan pelayanan Puskesmas. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel yang diteliti sebanyak 60 orang yang diperoleh dengan metode systematic random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat, bivariat pada kuantitatif dan content analysis pada kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pasien untuk melakukan kunjungan ulang pelayanan rawat jalan umum di Puskesmas Ciputat Timur sebesar 81,7%. Persepsi pasien tentang pelayanan baik yaitu 53,3% kehandalan pelayanan, 60% daya tanggap pelayanan, 71,7% jaminan pelayanan, 61,7% empati pelayanan dan 73,3% daya bukti langsung pelayanan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kehandalan, empati dan daya bukti langsung memiliki hubungan bermakna dengan minat kunjungan ulang. Sedangkan variabel daya tanggap dan jaminan tidak memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang. Faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang karena faktor biaya, faktor jarak dan faktor akses yang mudah dijangkau. Hasil penelitian ini diharapkan Puskesmas Ciputat Timur dapat meningkatkan pelayanan yaitu melakukan pengawasan kinerja petugas dan memberikan pelatihan petugas agar mampu meningkatkan profesionalitas kerja serta memberikan reward (penghargaan) kepada petugas yang mampu melayani pasien dengan baik