Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode pembelajaran picture and picture pada siswa kelas III MI. Al Wathoniyah XI Cakung Jakarta Timur

Main Author: Tuti Alawiyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81655-TUTI ALAWIYAH-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah ada peningkatan hasil belajar kognitif (pemahaman) siswa mengenal Makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa kelas III MI Al Wathoniyah XI Cakung Jakarta Timur pada pelajaran PKn dengan meggunakan metode picture and picture? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengungkap sejauh mana efektivitas penggunaan metode picture and picture dalam pembelajaran PKn sebagai alat mempengaruhi kemampuan belajar siswa dalam mengenal makna satu nusa satu bangsa dan satu bahasa pada pembelajaran PKn dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, observasi kegiatan belajar, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al- Wathoniyah XI. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 43%, sedangkan nilai rata-rata N-Gain 0,37. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Adapun saran penelitian ini adalah: Bagi guru, para guru bidang studi PKn khususnya dan guru-guru bidang studi lain pada umumnya dapat menjadi bahan acuan di dalam proses pembelajaran serta dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan metode picture and picture. Bagi sekolah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam upaya pembinaan dan pengembangan guru secara efektif, sehingga mendukung pencapaian tujuan program pendidikan. Bagi siswa, dengan menggunakan metode picture and picture siswa diharapkan dapat lebih termotivasi, memahami materi dalam pembelajaran.