Pengaruh model pembelajaran TSOI (Translating, Sculpting, Operationalizing, Integrating) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa

Main Author: Siti Galuh Hardiyanti Ratih Putri
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81653-SITI GALUH HARDIYANTI RATIH PUTRI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSOI (Translating, Sculpting, Operationalizing, Integrating) dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Desain. Subjek penelitian ini adalah 63 siswa yang terdiri dari 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% dengan thitung>ttabel (10,71>1,67). Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSOI (Translating, Sculpting, Operationalizing, Integrating) lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran TSOI (Translating, Sculpting, Operationalizing, Integrating) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa