Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas V MI Al-Jihad Kota Depok Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Rahmat Taufik |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V MI Al-Jihad Depok. Untuk mengetahui hasil penerapan metode penelitian kontekstual peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca puisi, penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan dua siklus belajar. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain berupa pengamatan dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada siklus pertama yang rata-rata kelasnya siswa tampak masih kurang baik dengan strategi pembelajaran ini. Hal ini dimungkinkan karena siswa belum terbiasa karena kegiatan pembelajaran yang mereka terima sebelumnya dan siswa masih harus terus diarahkan agar mereka terbiasa dengan strategi ini. Sedangkan pada siklus kedua siswa sudah mampu beradaptasi dengan strategi pembelajaran metode kontekstual. Hal ini terlihat dari reaksi yang cukup baik serta kerja sama antar siswa yang berjalan sesuai dengan tahapan strategi pembelajaran ini. Setiap siswa pun tampak antusias mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual ini. Kreatifitas dan sikap kritis terhadap setiap ide yang dipaparkan oleh temannya muncul. Pada siklus kedua ini di dominasi guru dalam proses pembelajaran berkurang. Guru hanya sesekali mengarahakan siswa agar kembali sesuai dengan pola pembelajaran metode kontekstual pada pembelajaran Bahasa Indonesia ini. Alhasil guru mampu meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa melalui proses pembelajaran yang menggunakan metode CTL.