Pengaruh sikap, motivasi berprestasi, self-efficacy, kecerdasan emosional, dan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar matematika

Main Author: Rahmi Ramadhani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://localhost:8080/file?file=digital/2017-8/81584-RAHMI RAMADHANI-FPS.pdf
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu, dan memajukan daya pikir manusia. Berdasarkan survei dari TIMSS (Trend in International Mathematics and Science Study) tahun 2011, tingkat kemampuan siswa kelas 2 SMP Indonesia dalam pelajaran matematika masih rendah karena berada di peringkat ke-38 dari 42 negara peserta dengan skor rata-rata 386, sedangkan skor rata-rata internasional adalah 500. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap, motivasi berprestasi, self efficacy, kecerdasan emosional, dan kemampuan berpikir abstrak terhadap prestasi belajar matematika. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Tangerang Selatan sebanyak 248 orang. Teknik pengambil sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. CFA (Confirmatory Factor Analysis) digunakan untuk uji validitas konstruk alat ukur dan Multiple Regression Analysis digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sikap, motivasi berprestasi, self efficacy, kecerdasan emosional, kemampuan gambar berpola, kemampuan gabuangan bagian gambar, jenis kelamin, dan interaksi antara kemampuan berpola dan kemampuan gabungan bagian gambar terhadap prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukan proporsi varians dari prestasi belajar matematika yang dijelaskan seluruh variabel independen adalah 11.6%, sedangkan 88.4% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian