The Readability Level Of Reading Texts On English Alive Textbook By Using Flesch Reading Ease Formula (A Descriptive Study at the Tenth Grade of Senior High School of PGRI 56 Ciputat)

Main Author: Rustini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81545-RUSTINI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menggambarkan tingkat keterbacaan pada buku teks English Alive untuk siswa kelas X SMA PGRI 56. Penulis menggunakan metode Descriptive Analysis untuk menganalisis, mengelaborasi, dan mendeskripsikan tingkat keterbacaan beberapa teks reading pada buku English Alive dengan menggunakan rumus Flesch Reading Ease. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah 21 teks reading yang terdiri dari 4 teks recoun, 3 teks naratif, 5 teks prosedur, 5 teks deskriptif, dan 4 teks berita. Berdasarkan analisa dengan menggunakan formula Flesch Reading Ease. Berdasarkan analisa menggunakan Flesch Reading Ease, 4 teks digolongkan kedalam tingkat Sulit, 4 teks digolongkan kedalam tingkat Cukup Sulit, 3 teks digolongkan kedalam tingkat Standar, 3 teks digolongkan kedalam tingkat Cukup Mudah, 6 teks digolongkan kedalam tingkat Mudah, dan 1 teks digolongkan kedalam tingkat Sangat Mudah. Hasil analisa data tersebut berdasarkan rata-rata menurut teori Flesch Reading Ease dari Rudolf Flesch bahwa teks tersebut berada di tingkat Standar maka teks tidak sesuai dengan siswa kelas X.