Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Handout Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fungi (Kuasi Eksperimen di SMAN 8 Kota Tangerang Selatan)

Main Author: Santi Meutia
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81501-SANTI MEUTIA-PPS.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan handout mind map terhadap hasil belajar siswa pada konsep fungi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen, dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan non tes berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian lembar kerja siswa. Analisis data posttest menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 2,74 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,64, atau thitung ≠ ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan handout mind map terhadap hasil belajar siswa pada konsep fungi.