Pengaruh pendidikan kesehatan dengan booklet terhadap pengetahuan dan sikap menstrual hygiene pada siswi di SDI Al-Falah I Jakarta

Main Author: Nur'aini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Menstrual hygiene merupakan sebuah masalah bagi banyak remaja putri, khususnya dimana informasi mengenai menstruasi dan kesehatan reproduksi masih sedikit didiskusikan terutama pada Sekolah Dasar. Praktik menstrual hygiene yang buruk dapat meningkatkan kerentanan terhadap Infeksi Saluran Reproduksi (ISR). Angka kejadian ISR tertinggi di dunia adalah pada usia remaja yaitu 35%-42%, Pengetahuan yang baik dapat mempengaruhi sikap dan perilaku menstrual hygiene yang positif. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan adalah melalui pendidikan kesehatan. Metode pendidikan kesehatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan media booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh booklet terhadap pengetahuan dan sikap menstrual hygiene di SDI Al-Falah I Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan metode pre-post test with control group design yang dilakukan pada siswi kelas V dan kelas VI yang telah mengalami menstruasi. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan 30 responden yang terbagi menjadi 15 responden kelompok kontrol dan 15 responden kelompok intervensi. Hasil uji statistik penelitian menunjukkan terdapat pengaruh booklet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada siswi dengan nilai pengetahuan (p=0,001)<0,05 dan nilai sikap (p=0,039)<0,05. Terdapat perbedaan rerata skor tingkat pengetahuan yang bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (0,000)<0,05 dengan rata-rata skor pengetahuan pada kelompok intervensi mengalami peningkatan yang lebih dari pada kelompok kontrol. Terdapat perbedaan sikap yang bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,039)<0,05 dengan rata-rata skor sikap pada kelompok intervensi mengalami peningkatan yang lebih dari pada kelompok kontrol. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan metode pendidikan kesehatan khususnya pendidikan kesehatan reproduksi anak usia Sekolah Dasar