Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI/SD: kuasi eksperimen di kelas IV SDN Sukakarya 03
Main Author: | Imam Hanafi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81431-IMAM HANAFI-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada konsep benda dan sifatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukakarya 03, Bekasi. Penelitian ini di lakukan selama 3 kali pertemuan di tambah pretest dan posttest, dimulai tanggal 18 februari sampai 3 maret 2014. Jumlah keseluruhan sampel adalah 66 yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok ekperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelompok control berjumlah 32 siswa. Kelompok ekperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan metode jigsaw, sedangkan kelompok control adalah kelompok yang diajarkan secara konvesional yaitu metode ceramah. Instrument yang digunakan adalah instrument tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, didapatkan bahwa thitung> ttabel (2,849195> 1.9977), maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Sehingga dapat di simpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw member pengaruh terhadap hasil belajar siswa