Pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada konsep archaebacteria dan eubacteria

Main Author: Murti Mursita Sari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81418-MURTI MURSITA SARI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Kota Tangerang Selatan pada kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian masingmasing berjumlah 32 orang untuk kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pendekataan kooperatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes bentuk essay. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis statistik dengan uji t? (α = 0,05) diperoleh thitung (9,402) > ttabel (2,000), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria.