Efektifitas penggunaan media audio visual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII: penelitian tindakan kelas Di MTs RMI Darul Abror Bekasi
Main Author: | Wasiah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81401-WASIAH-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini diprediksi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimna efektifitas penggunaan media audio visual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs RMI Darul Abror Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil penelitian menunjukan: peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok Haji siswa kelas VIII MTs RMI Darul Abror Bekasi setelah menggunakan media gambar dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan disetiap siklus dmn pada pra siklus yang belum menggunakan media VCD tingkat ketuntasan 10 % naik menjadi 65% pada siklus I, pada siklus II naik lagi menjadi 66,7% dan di akhir siklus III menajdi 90%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan siswa yang mendapat kategori baik dan baik sekali dimana pada pra siklus 14,3% naik menjadi 23,8% pada siklus I, naik lagi menajdi 66,7% pada siklus II dan di akhir siklus III menjadi 95,2% dengan demikian hasil yang di dapat sudah mencapai indikator yaitu diatas 80 %. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengelola lembaga pendidikan, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.