Analisis kemampuan mengajar mahasiswa jurusan PAI UIN Jakarta pada pelaksanaan Ppkt di Smp Islamiyah Ciputat tahun akademik 2014/2015
Main Author: | Didin Sirojudin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran pada pelaksanaan PPKT tahun akademik 2014/2015. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Jurusan PAI dalam melaksanakan pembelajaran pada pelaksanaan PPKT tahun akademik 2014/2015. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Jurusan PAI dalam melakukan penilaian pada pelaksanaan PPKT tahun akademik 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan PAI yang mengikuti pelaksanaan PPKT tahun akademik 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sample). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan, mahasiswa praktikan sudah dapat merencanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan standar proses, baik komponen maupun prinsip-prinsip penyusunannya. Mahasiswa praktikan pun sudah mampu melaksanakan pembelajaran dengan mampu membuka pelajaran dengan baik, melaksanakan dan menerapkan keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan dan keterampilan dalam mengelola kelas selama pelajaran berlangsung dan mampu menutup pelajaran dengan menyusun rangkuman materi bersama, merangkum, melakukan tindak lanjut kepada siswa serta mampu memberikan penilaian untuk mengukur aspek afektif dan psikomotorik. Dari penelitian ini penulis menyarankan supaya semua mahasiswa dapat menerapkan keterampilan-keterampilan yang antara lain keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan pengelolaan kelas pada kegiatan inti selama pembelajaran berlangsung, mengikuti perkembangan pengetahuan mutakhir, memahami perkembangan kurikulum untuk menerapkannya dalam melaksanakan pembelajaran serta memperkaya pengetahuan terhadap metode-metode mengajar yang bervariasi.