Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam: penelitian kuasi eksperimen di SMA Negeri 66 Jakarta

Main Author: Elza Amelia
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81391-ELZA AMELIA-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2015 di SMA Negeri 66 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes essai keterampilan berpikir kritis. Sedangkan analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% didapatkan nilai ttabel sebesar 1,67 dan thitung sebesar 2,43 sehingga thitung > ttabel (2,43 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,73 yang berarti peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tergolong tinggi.