Hubungan motivasi mahasiswa/i memilih jurusan pendidikan IPS dengan prestasi belajar angkatan tahun 2012 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Main Author: Retno Retno Utami Prastyo Ningsih
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi mahasiswa/i memilih Jurusan Pendidikan IPS dengan prestasi belajar, serta untuk mengetahui seberapa besar kontribusi yang diberikan dan apakah hal tersebut memiliki tingkat signifikansi atau tidak. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i Jurusan Pendidikan IPS angkatan 2012. Sedangkan sampel diambil dari taraf kesalahan 5% yang berjumlah sebanyak 89 mahasiswa/i dengan menggunakan teknik random sampling. Kemudian instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Terlihat dari hasil perhitungan antara variabel X (Motivasi Memilih Jurrusan Pendidikan IPS) dengan variabel Y (Prestasi Belajar), dimana rhitung lebih kecil dari nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% yakni (0,065 < 0,2084). Dengan demikian berarti hipotesis nol (H0) diterima, sedangkan hipotesis alternative (Ha) ditolak. Maka prestasi belajar mahasiswa/I dipengaruhi oleh motivasi mahasiswa/I sebesar 0,4% dan 99,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi mahasiswa/i memilih Jurusan Pendidikan IPS dengan Prestasi Belajar