Pengembangan bahan ajar konstruktivisme berbasis web pada MATERI sistem koloid
Main Author: | Leily Damayanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81334-LEILY DAMAYANTI-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar konstruktivisme berbasis webpada materi sistem koloid dan untuk mengetahui penilaian siswa terhadap web yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah web berbasis konstruktivisme dan angket siswa. Media web dikembangkan menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D dan terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop).Pada tahap pengembangan (develop), produk divalidasi oleh dua orang dosen ahli dan satu orang guru mata pelajaran kimia. Sedangkan uji coba dilakukan kepada 35 orang siswa kelas XI MIA 3 SMAN 29 Jakarta. Dari hasil penelitiaan diperoleh data proses pengembangan produk berupa data deskripsi meliputi langkah-langkah pengembangan web dan angket hasil respon uji coba produk dengan hasil; 1) 72,56% untuk aspek materi, 2) 72,56% untuk aspek evaluasi, 3) 76,40% untuk aspek tampilan, 4) 75,53% untuk aspek media, dan 5) 78,74% untuk aspek konstruktivisme. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar konstruktivisme berbasis web pada materi sistem koloid termasuk ke dalam kategori baik.