Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran
Main Author: | Nur Amalia |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81324-NUR AMALIA-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran. Penelitian ini dilakukan di MTs Fajrul Islam Jakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian kedua kelas masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data hasil belajar siswa kedua kelas menggunakan uji-t, pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil thitung(3,58) > ttabel(2,00) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran.