Pengaruh self-concept dan iklim kelas terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 8 Jakarta

Main Author: Siti Kesturi Madayanti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-7/81300-SITI KESTURI MADAYANTI-FPS.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh self-concept dan iklim kelas terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 8 Jakarta. Motivasi berprestasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Variabel pada penelitian ini berjumlah 12 independent variable dan 1 dependent variable. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 235 siswa MAN 8 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah multiple regression analysis pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari self concept dan iklim kelas terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 8 Jakarta dengan signifikansi 0,01. Hasil uji hipotesis minor menunjukkan bahwa identity self, behavioral self, physical self, personal self dan teacher support memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 8 Jakarta. Sementara itu, moral-ethical self, family self, social self, affiliation, student influence, involvement dan organization and clarity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 8 Jakarta. Proporsi varians dari motivasi berprestasi siswa yang dipengaruhi oleh seluruh independent variable sebesar 40,9%, sedangkan 59,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Untuk penelitian selanjutnya, masih banyak variabel psikologis lain yang dapat dijadikan independent variable dan juga dapat menambahkan variabel lain misalnya, interaksi teman sebaya, latar belakang keluarga dan faktor budaya.