Faktor-faktor yang mempengaruhi bid-ask spread perusahaan saat melakukan earning announcement studi kasus: perusahaan yang terdaftar dalam indeks kompas 100 periode Tahun 2010-2014
Main Author: | Tika Rahayu Putri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-7/80997-TIKA RAHAYU PUTRI-FEB.pdf |
Daftar Isi:
- Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi pemerintah, sekaligus sebagai sarana bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, volume, return, varian, dan frekuensi terhadap bid-ask spread perusahaan yang melakukan earning announcement, serta menganalisis perbedaan bid-ask spread antara sebelum dan sesudah earning announcement. Analisis ini menggunakan uji regresi linier berganda dan uji beda terhadap 31 sampel perusahaan yang melakukan earning announcement pada tahun 2010-2014 dengan menggunakan metode purposive sampling di Bursa Efek Indonesia. Dalam menguji hipotesa menggunakan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan, uji t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial dan uji determinasi (R2). Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel independen (harga, volume, return, varian, dan frekuensi) terbukti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (spread saham). Secara parsial variabel harga dan frekuensi terbukti mempunyai pengaruh signifikan dan negatif terhadap spread saham. Variabel volume terbukti mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap spread saham. Sedangkan variabel varian dan return terbukti tidak berpengaruh terhadap spread saham. Nilai R Square sebesar 21,1% sedangkan sisanya 78,9% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Hasil uji beda terbukti variabel spread tidak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah earning announcement.