Analisis pengaruh promosi penjualan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu futsal Adidas: studi kasus pada konsumen sepatu futsal Adidas di wilayah Tangerang Selatan

Main Author: Aziezul Rashid
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-7/80987-AZIEZUL RASHID-FEB.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel promosi penjualan, citra merek dan kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial dan secara simultan. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil secara random dari konsumen sepatu futsal Adidas. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel (promosi penjualan, citra merek dan kualitas produk) terhadap keputusan pembelian, terlihat nilai signifikan di bawah 0,05 dan nilai Fhitung (76,706) > Ftabel (2,77). Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai thitung pada variabel promosi penjualan sebesar (2,279), citra merek sebesar (2,338) dan kualitas produk (5,694) lebih besar dari ttabel (2,00) maka dinyatakan terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 79,4% dari variabel independen (promosi penjualan, citra merek dan kualitas produk) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Sedangkan, sebanyak 20,6% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini, seperti harga, celebrity endorser dan lain-lain.