Pembelajaran Konstruktivisme Berbantu Media Video/Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA 3
Main Author: | J Juriah |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Center for Science Education
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan pembelajaran konstruktivisme berbantu media video/animasi pada konsep Ekologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas X MIPA 3 SMAN 3 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian hasil belajar pada siklus I rerata 72.55 dengan jumlah yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) 58%, pada siklus II rerata belajar 80.55 dengan KBM 87%. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konstruktivisme berbantu media video/animasi dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep Ekologi.