Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (Vct) Terhadap Sikap Nasionalisme Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Mi. Jamiyyatul Khair Ciputat

Main Author: Melita Andriyani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran value clarification technique (VCT) terhadap sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di MI. Jam&#8223;iyyatul Khair Tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa untuk kelompok eksperimen dan 19 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi siswa dan angket yang terdiri dari 21 item pernyataan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan thitung 2,209 dan ttabel 1,688 (2,209 &#8805; 1,688) atau nilai sig (2-tailed) lebih besar dari 0,05 (0,034 < 0,05) dengan resiko kesalahan 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ?Rata-rata sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model VCT lebih tinggi dari rata-rata sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan konvensional?. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran value clarifacition technique (VCT) berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran IPS.