Komunikasi Interpersonal Guru Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah
Main Author: | Haikal |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Daftar Isi:
- Komunikasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan pada setiap aspek-aspek kehidupan. Salah satunya dunia pendidikan. Komunikasi menjadi hal yang penting dalam proses transfer ilmu karena apabila ada error pada komunikator, maka bisa berdampak juga pada komunikator.Komunikasi Interpersonal sangat penting dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Untuk membuat peserta didik paham terhadap apa yang disampaikan, sangatlah membutuhkan komunikasi interpersonal yang baik. Perumusan masalah penelitian yaitu: Bagaimana bentuk komunikasi interpersonal guru Bahasa Inggris kepada murid-muridnya dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris? Bagaimana upaya guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris murid-muridnya? Apa saja faktor penghambat dan pendukung selama proses belajar mengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah? Teori yang digunakan adalah Teori Hubungan Interpersonal Model Interaksional yang menggambarkan bahwa proses komunikasi adalah proses berinteraksi satu sama lain. Sesuai dengan nama model komunikasi ini yaitu interaksional, maka tidak salah jika dinyatakan bahwa komunikasi ini berlansgung sesuai dengan adanya interaksi yang dilakukan seseorang terhadap orang lain dimulai dari orang-orang terdekatnya. Model interkasional merupakan model komunikasi yang lebih fokus kepada komunikasi dua arah, bukan linier. Model interkasional terjadi di dalam suatu sistem di mana sistem-sistem ini saling terkait dan berhubungan antara satu dengan yang lain. Penelitian ini menggunakan jenis pendeketan penelitian kualitatif. Penelitian ini membutuhkan observasi secara langsung ke lapangan, dan wawancara kepada para narasumber yang berkaitan dengan penelitian ini seperti guru Bahasa Inggris, dan beberapa murid yang ada di kelas terkait. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Studi kasus adalah uraian dan penjelasan yang dapat diterima dengan baik, luas, dan lengkap mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, organisasi, program, atau situasi sosial. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwasanya guru yang mengajar Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah memiliki pendekatan komunikasi interpersonal yang baik di setiap pengajarannya dengan melakukan pendekatan komunikasi interpersonal yang berbeda-beda kepada setiap murid. Salah satunya diterapkan dalam penggunaan media berita online dan metode mengajarnya, yaitu Audio Lingual Method. Metode ini mengedepankan proses Komunikasi Interpersonal dengan para muridnya dengan menggunakan Bahasa Inggris secara 2 x 35 menit mata pelajaran dengan tujuan agar para murid terbiasa dengan kalimat-kalimat Bahasa Inggris dan mudah mengingat vocabulary. Keyword: Komunikasi Interpersonal, Bahasa Inggris, Al-Hamidiyah