Peran Program Pelayanan Pendampingan Pendidikan Terhadap Siswa Smp Tunanetra Di Yayasan Mitra Netra Lebak Bulus Jakarta Selatan
Main Author: | Wilda Karmila |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Daftar Isi:
- Tidak sedikit permasalahan yang dihadapi oleh tunanetra karena kesulitannya dalam melihat (Low vision) bahkan ada yang sama sekali tidak bisa melihat (Blind), kesulitan ini dirasakan juga ketika para tunanetra menempuh proses pembelajaran di sekolah regular. Untuk menjawab permasalahan ini, yayasan mitra netra memberikan layanan khusus untuk menunjang pendidikan mereka dengan memberikan fasilitas khusus agar mereka dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan hasil yang baik. Yayasan mitra netra adalah lembaga nirlaba yang memprioritaskan programnya pada upaya meningkatkan kualitas dan partisipasi tunanetra di bidang pendidikan dan pekerjaan. Yang merumuskan program pelayanan pendampingan pendidikan untuk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelayanan pendampingan pendidikan yang ada di yayasan mitra netra. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan khususnya bagi peneliti dan membantu yayasan mitra netra dalam meningkatkan kualitas program pelayanan pendampingan pendidikan. Jenis penelitian menurut data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta studi pustaka maka jenis penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengambilan sample adalah dengan cara menentukan sendiri informan yang diperlukan atau purpossive sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelayanan pendampingan pendidikan di yayasan mitra netra terdapat beberapa kegiatan, diantaranya adalah pendampingan pendaftaran, pendampingan belajar, pendampingan ujian, tutorial, konseling pendidikan serta advokasi. Selain itu juga mengadakan sosialisasi pendidikan inklusif ke sekolah umum. Adapun kagiatan pendampingan belajar dilakukan setiap hari senin sampai jum?at pada jam-jam yang sudah disepakati oleh pihak yayasan dengan klien, dilakukan di tempat-tempat yang ada di yayasan mitra netra yang dirasa nyaman untuk belajar. Tutor yang ada diyayasan mitra netra adalah tutor khusus yang telah dipilih oleh yayasan dan mempunyai komitmen dalam kinerjanya serta dapat memberikan semangat belajar kepada tunanetra yang menjadi kliennya. adapun pendampingan ujian dilaksanankan sesuai dengan jadwal ujian yang diberikan oleh pihak sekolah. program pelayanan pendampingan pendidikan di yayasan mitra netra ini juga dirasakan sangat diperlukan bagi tunanetra karena sangat membantu mereka dalam mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu juga dapat menumbuhkan semangat belajar yang lebih karena para klien tunanetra lebih merasa difahami dengan segala fasilitas yang ada di yayasan mitra netra. Program pelayanan pendampingan pendidikan ini juga sangat membantu para tunanetra dalam meningkatkan prestasi mereka di sekolah tempat mereka belajar. Adapun peran program pelayanan pendampingan pendidikan di yayasan mitra netra ini adalah sebagai fasilitator, tutor, advokator dan motivator bagi tunanetra agar mereka lebih semangat dalam belajar demi masa depan tunanetra yang lebih baik.