The Effectiveness Of Computer-Assisted Language Learning (Call) In Teaching Past Tense To The Tenth Grade Students Of Sman 5 Tangerang Selatan
Main Author: | Ade Maulina Fazrin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris apakah penggunaan komputer pembantu pembelajaran Bahasa untuk siswa kelas sepuluh SMAN 5 Tangerang Selatan adalah efektif atau tidak. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperiment semu dengan menggunakan desain pretes dan posttes. Sample penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposif. Sample yang pertama berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperiment yang mempelajari past tense menggunakan komputer. Sample yang kedua juga berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol yang mempelajari past tense menggunakan tekhnik pengajaran konvensional. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan tes yaitu pre-tes dan post-tes serta interview. Pretes diadakan sebelum siswa diberi perlakuan, post-tes diberikan setelah siswa mendapatkan perlakuan, dan interview diadakan setelah siswa diberi posttes. Data dari hasil tes kemudian dihitung menggunakan rumus t-tes dengan signifikansi 5% serta rumus ukuran keefektifan; sedangkan data dari hasil interview ditafsirkan. Hasil tes ternyata sama dengan hasil wawancara yang setuju untuk menyatakan bahwa penggunaan komputer pembantu pembelajaran Bahasa dalam mengajar past tense untuk siswa kelas sepuluh SMAN 5 Tangerang selatan adalah efektif. Dan, keefektifan dari komputer pembantu pembelajaran Bahasa itu sendiri adalah kuat. Hal ini dibuktikan oleh nilai t-hitung yang lebih besar dari pada nilai t-tabel yaitu 5.29 > 1.666; dan juga dibuktikan oleh nilai ukuran keefektifan dari komputer pembantu pembelajaran Bahasa yaitu 1.24 yang lebih tinggi dari pada 1.