Evaluasi Kinerja Perusahaan Menggunakan Perspektif Dalam Balanced Scorecard Studi Kasus Pada Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai

Main Author: Desy Ratna Pratiwi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana kinerja perusahaan Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai bila diukur menggunakan perspektif yang terdapat dalam Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan dan nasabah Bank Syariah Bukopin cabang Melawai. Penelitian menggunakan metode purposive sampling untuk responden karyawan dan metode simple random sampling untuk responden nasabah. Jumlah keseluruhan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 38 responden karyawan, dimana semua responden dapat digunakan untuk mengukur perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dan hanya 30 responden yang memenuhi kriteria untuk mengisi perspektif keuangan, serta 75 responden nasabah untuk mengukur perspektif pelanggan dan proses bisnis internal. Hasil penelitian menunjukkan Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai mampu mencapai kinerja yang baik bila diukur menggunakan perspektif keuangan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam Balanced Scorecard dengan perolehan skor aktual masing-masing sebesar 83,03% dan 75,52%. Sementara itu, kinerja Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai yang diukur berdasarkan perspektif pelanggan dan perspektif proses bisnis internal mampu mencapai kinerja yang baik dengan perolehan skor aktual masing-masing sebesar 76,57% dan 81,41%. Jadi dapat disimpulkan, secara keseluruhan kinerja Bank Syariah Bukopin Cabang Melawai baik bila diukur menggunakan perspektif yang terdapat dalam Balanced Scorecard.