Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Di Feb Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Dalam Pengaruhnya Terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan, Mutu Pelayanan Administrasi Akademik, Dan Kepuasan Pelanggan
Main Author: | Dede Setiawan |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Untuk menjawab tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan, semakin banyak institusi pendidikan yang mengadopsi standar sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2008. Salah satu institusi pendidikan adalah FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui kondisi mutu pelayanan pendidikan, mutu pelayanan administrasi akademik, dan kepuasan pelanggan setelah diterapkan SMM ISO 9001:2008. Selain itu, untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif tujuan penelitian yang lain adalah untuk mengetahui penerapan SMM ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif bertujuan untuk mengukur kondisi mutu pelayanan pendidikan, mutu pelayanan administrasi akademik, dan kepuasaan pelanggan setelah diterapkan SMM ISO 9001:2008. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB angkatan 2011 dan 2012 sebanyak 89 mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SMM ISO 9001:2008 berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan pendidikan, mutu pelayanan administrasi akademik, dan kepuasan pelanggan. Sementara itu, metode kualitatif bertujuan untuk membuktikan dan memperdalam hasil metode kuantitatif. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pejabat universitas dan dosen. Selain itu, digunakan pula studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SMM ISO 9001:2008 memberikan pengaruh yang positif terhadap mutu pelayanan pendidikan, mutu pelayanan administrasi akademik, dan kepuasan pelanggan di FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitian lainnya ditemukan bahwa sampai saat ini tahap pelaksanaan dan tindakan perbaikan SMM ISO 9001:2008 belum berjalan optimal.