Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Problem Posing Matematis Siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas V SD Al Zahra Indonesia
Main Author: | Munawir Sadzali |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap kemampuan Problem Posing matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Al-Zahra Indonesia Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design, yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan problem posing matematis berbentuk essay. Kemampuan problem posing matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran klasikal (t hitung = 2,01 ˃ t tabel = 2,00). Persentase jawaban problem posing berdasarkan gambar, tabel dan diagram siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih besar dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran klasikal. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan problem posing matematis siswa.