Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Cai (Computer Assisted Instruction) Model Drills Terhadap Retensi Siswa Pada Konsep Sistem Gerak
Main Author: | Bayu Purnomo |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media CAI (Computer Assisted Instruction) model drills terhadap retensi siswa pada konsep sistem gerak. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized two group pretest and posttest control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive dan adapun penentuan kelas eksperimen dan kontrol secara random. Sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media CAI model drills dan 40 siswa untuk kelas kontrol dengan menggunakan multimedia interaktif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan daya ingat (retensi) yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data retensi kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4.518 > 1.992 pada taraf signifikansi ∝ = 0,05. Kemudian hasil belajar juga lebih lama tersimpan ditunjukkan dengan 30 orang dari 38 siswa memiliki tingkat retensi mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis CAI (Computer Asssisted Instruction) model drills terhadap retensi siswa di kelas XI IPA pada konsep Sistem Gerak Manusia.