Pengaruh Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (Plpg) Dalam Menunjang Profesionalisme Guru Ips (Studi Kasus Pada Guru Ips Smp Se-Kecamatan Sawangan Depok Jawa Barat)
Main Author: | Aprian Syarif Hidayat |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jalannya program pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG), seberapa besar profesionalisme guru IPS, dan apakah ada pengaruh antara pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) dengan profesionalisme guru IPS. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari- Mei 2015 di SMP se-Kecamatan Sawangan Depok Jawa Barat. Metode yang diguakan adalah metode kuantitatif. Tekhnik pengambilan sampel yaitu dengan metode sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan bentuk pilihan ganda. Teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini bahwa terjadi hubungan antara pendidikan dan latihan profesi guru dengan profesionalisme guru IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung sebesar 0,707 dan termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil pengujian diperoleh F sebesar 11.116 dengan tingkat signifikansi (sig) sama dengan atau lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara Pendidikan dan Latihan Profesi Guru dengan profesionalisme guru IPS, dengan R square sebesar 49.9%. Dengan demikian terdapat hubungan yang kuat antara pendidikan dan latihan profesi guru dengan profesionalisme guru IPS di SMP se-Kecamatan Sawangan Depok Jawa Barat.