Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Kisah Nabi Musa AS dan Nabi Khidir AS: Telaah Tafsir Surat Al-Kahfi ayat 60-82
Main Author: | Muhammmad Iqbal Shiddiq |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran afektif yang dilakukan oleh nabi Khidir kepada nabi Musa yang terdapat dalam Al-Qur‟an surat Al-Kahfi ayat 60-82. Subjek penelitian ini ialah kisah perjalanan nabi musa dan khidir dan objek penelitianya adalah ayat Al-Qur‟an surat Al-Kahfi yang didalam proses perjalanannya terkandung strategi pembelajaran afektif. Sedangkan untuk metode pengumpulan data, peneliti menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan metode Tahlily (analisis) untuk menafsirkan ayat Al-Qur‟an. Hasil penelitian menunjukan bahwa, nabi Khidir mempunyai strategi pembelajaran dengan memberikan syarat, yaitu jangan mempertanyakan sesuatupun sebelum Khidir sendiri menjelaskannya. Strategi Khidir tersebut mengantarkan keberhasilan pembelajaran afektif pada nabi Musa hal itu dibuktikan dengan tercapainya langkah-langkah dari ranah afektif. receiving, Musa peka terhadap apa yang disaksikannya selama perjalanan dalam bentuk penolakan dan tidak setuju atas perbuatan Khidir. Kedua responding, reaksi spontan adalah proses afektif yang terjadi dalam diri Musa hal tersebut jelas merupakan suatu respon dalam rangka mengetahui sesuatu hal lebih mendalam. Ketiga valuing, Selama perjalanan Musa menilai atau menanggapi semua peristiwa dengan nilai atau keyakinan yang dipercayainya, walaupun penilaian berubah setelah penjelasan dari Khidir. Keempat organization, Musa mengorganisasikan nilai yang diyakininya dengan nilai dari Khidir sehingga tercipta nilai baru. Kelima Characterization by a Value or Value Complex, nilai baru yang didapat oleh Musa tersebut adalah hasil dari proses pembelajaran afektif yaitu Musa memiliki sebuah kebulatan sikap (karakter) yang mapan