Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlakul Karimah Siswa Kelas V SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir Pamulang Kota Tangerang Selatan
Main Author: | Fitria |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sosiodrama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi Akhlakul Karimah kelas V di SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir Pamulang Kota Tangerang Selatan dan untuk mengetahui apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi akhlakul karimah kelas V di SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir Pamulang Kota Tangerang Selatan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan responden penelitian siswa kelas V SDIT Nurul Amal Pondok Cabe Ilir Pamulang Kota Tangerang Selatan sebanyak 38 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum penerapan metode sosiodrama, dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan metode sosiodrama dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata tes tertulis dari siklus pra siklus sampai siklus II juga mengalami peningkatan dibandingkan sebelum penerapan metode sosiodrama. Nilai rata-rata tes tertulis sebelum penerapan metode sosiodrama sebesar 58,28 nilai rata-rata siklus I sebesar 62,68 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 74,65. Selanjutnya prosentase ketuntasan belajarnya juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus 26,31%, siklus I 44,73%, dan pada siklus II 84,21%. Sedangkan nilai siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 65 juga mengalami peningkatan yaitu pra siklus ada 10 siswa, pada siklus I ada 17 siswa dan pada siklus II ada 32 siswa. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Jadi hipotesis yang penulis ajukan ?Diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode sosiodrama dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, khususnya untuk materi-materi yang berisikan kisah-kisah teladan?, terbukti kebenarannya. Hal ini terbukti pada hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata tes tertulis siswa meningkat serta siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat