Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar : Penelitian Tindakan Kelas di SDI AHDI Jakarta
Main Author: | Siti Masitoh |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dalam suatu kelas yang memiliki kemampuan beragam, meningkatkan hasil belajar matematika siswa dari berbagai tingkat kemampuan, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus. Dalam pelaksanaan tindakan penelitian, Model Pembelajaran Tematik mengangkat tema ?lingkungan? pada siklus I dan ?kegiatanku? pada siklus II. Adapun metode yang digunakan bervariasi seperti simulasi, tanya jawab, penugasan, diskusi, dan games. Pengumpulan data aktivitas belajar matematika siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar matematika siswa dan wawancara terhadap subjek penelitian. Sedangkan pengukuran hasil belajar matematika siswa menggunakan instrumen tes akhir siklus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa, yakni pada siklus I memperoleh rata-rata aktivitas total sebesar 70,25% meningkat menjadi 84%. Sedangkan untuk hasil belajar matematika siswa.meningkat dari rata-rata nilai 70,94 menjadi 82,76