Perbandingan Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Terhadap Program Berita Di Tv One Dan Metro Tv

Main Author: Krisyanidayati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Era masyarakat informasi saat ini menuntut manusia untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai media massa untuk memenuhi kebutuhan informasi. Media massa memanfaatkan peluang tersebut dengan menyajikan berbagai program yang menimbulkan persaingan industri media. Khususnya bagi TV One dan Metro TV yang merupakan stasiun televisi yang berbasis berita. Dalam memenuhi kebutuhan informasi khalayak, penulis meneliti tingkat kepuasan khalayak pada masing-masing stasiun televisi melalui program berita Apa Kabar Indonesia Pagi di TV One dan Metro Hari Ini di Metro TV. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui tingkat kepuasan khalayak pada dua program berita tersebut melalui angket/kuesioner kepada 94 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta angkatan 2012-2014 yang pernah menonton kedua program berita tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh khalayak setelah menonton dua program tersebut serta melihat apakah terdapat perbedaan kepuasan yang signifikan atau tidak dari dua program berita tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan insidental. Data hasil kuesioner kemudian diolah menggunakan statsitik deskriptif yaitu mencari mean, standar deviasi, dan compare means. Untuk mengidentifikasi kebutuhan khalayak penulis menggunakan konsep McQuail yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integarasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan. Penilitian ini menggunakan teori uses and gratification yang mengasumsikan bahwa setiap individu memiliki tujuan tertentu untuk menggunakan media massa, oleh karena itu khalayak dipandang sebagai individu yang aktif dan bebas memilih media mana yang akan mereka gunakan. Teori uses and gratification mengenalkan dua konsep mengenai kepuasan khalayak yaitu kepuasan yang dicari dan kepuasan yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pada uji mean diketahui bahwa program berita Apa Kabar Indonesia Pagi dan Metro Hari Ini belum dapat memenuhi kepuasan khalayak pada empat dimensi yaitu informasi, identitas pribadi, dan interaksi dan integrasi sosial, dan hiburan. Jika dilihat pada perbedaan rata-rata antara gratification sought dan gratification obtained Program Apa Kabar Indonesia Pagi lebih memuaskan dibandingkan dengan Metro Hari Ini. Sedangkan jika dihitung menggunakan compare means paired t-test tidak terdapat perbedaan kepuasan yang signifikan antara Apa Kabar Indonesia Pagi dan Metro Hari Ini.