Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Manajemen Laba Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Main Author: | Mari Viviliana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan manajemen laba terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan yang terdaftar dalam LQ-45 selama periode 2011- 2014. Profitabilitas sebagai variabel independen yang diproksikan oleh ROA. Ukuran perusahaan sebagai variabel independen yang diproksikan oleh log total asset. Manajemen laba sebagai variabel independen yang diproksikan oleh discretionary accrual. Pengungkapan corporate social responsibility yang diproksikan oleh Global Reporting Initiatives (GRI). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan penelitian ini menggunakan 21 perusahaan. Metode analisis untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR. Tetapi, profitabilitas dan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.