Pengaruh Pengajian Takhassus Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Yasti 1 Cisaat - Sukabumi

Main Author: Empah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajian takhassus terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang di teliti yaitu pengajian takhassus sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar ?Aqidah Akhlaq siswa sebagai varabel terikat (Y). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara menyebar angket berisi sejumlah pernyataan yang berkaitan dengan pengajian takhassus dan hasil belajar ?Aqidah Akhlaq siswa. Sebanyak 30 item pernyataan pada angket untuk masing-masing variabel dibagikan kepada 60 siswa kelas VII, jawaban angket tersebut dihitung dengan rumus persentase kemudian diolah dan dijelaskan secara deskriptif. Selanjutnya penulis menghitung kedua variabel tersebut dengan menggunakan rumus product moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Sedangkan untuk mengetahui keeratan hubungan kedua variabel tersebut penulis menggunakan rumus koefisien determinasi. Setelah penelitian dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian dengan angka 0,464 artinya Ha diterima karena r hitung lebih besar dari r tabel (0,464 > 0,254) yang berarti ada korelasi yang positif antara pengajian takhassus dengan hasil belajar siswa, korelasi tersebut dikategorikan korelasi yang sedang atau cukup karena korelasinya berada antara 0,40-0,70. Berdasarkan tingkat keeratan kedua variabel, maka dapat diketahui koefisien determinasi sebesar 21,53%, artinya pengajian takhassus berpengaruh terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VII MTs Yasti 1 Cisaat Sukabumi sebesar 21,53%.