STRATEGI KOMUNIKASI WALI CARE FOUNDATION DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM PENDIDIKAN, SOSIAL, DAN KEMANUSIAAN
Main Author: | Halimatu Sa'diyah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Wali Care Foundation merupakan salah satu lembaga non profit yang didirikan oleh sebuah grup musik yang bernama Wali. Organisasi ini bergerak dibidang sosial kemasyarakatan yang menjadi jembatan bagi masyarakat yang ingin membantu orang-orang yang kurang atau bahkan jauh dari kecukupan, organisasi ini menerima segala bentuk macam bantuan yang nantinya bantuan tersebut dikelola dan disalurkan melalui program-program yang telah dibuat. Organisasi yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan sangat membantu mewujudkan masyarakat yang sejahtera, dimana masyarakat yang mempunyai harta berlebih memberikan sebagian hartanya kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga masyarakat juga belajar untuk saling berbagi kepada sesama. Dalam hal ini program yang telah dirancang oleh Wali Care Foundation adalah program pendidikan, sosial, dan kemanusiaan, melalui program tersebut maka diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan sehingga adanya efek yang baik bagi masyarakat. Atas keberhasilan Wali Care Foundation dalam mewujudkan program pendidikan, sosial, dan kemanusiaan. Masyarakat sudah bisa menikmati hasil dari program-program yang telah dirancang dan ini dapat menciptakan masyarakat mandiri. Dari latar belakang masalah di atas maka muncul pertanyaan, bagaimana strategi komunikasi Wali Care Foundation dalam mensosialisasikan program pendidikan, sosial, dan kemanusiaan? Dan Bagaimana analisis SWOT Wali Care Foundation (WCF) dalam mensosialisasikan program pendidikan, sosial, dan kemanusiaan? Untuk memudahkan dalam menganalisis data-data yang diperoleh dari penelitian, penulis menggunakan teori Fred R. David yang membagi strategi menjadi tiga tahapan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Dan Wali Care Foundatin juga menggunakan metode analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, threat) yang dicetuskan oleh Albert Humphrey. Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman dilingkungan maupun kekuatan serta kelemahan yang dimiliki oleh suatu lembaga. Metode yang digunakan penulis dalam mencari data yang diperlukan adalah metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara melalui pengamatan lapangan, wawancara dan dokumentasi di Wali Care Foundation secara langsung. Strategi komunikasi Wali Care Foundation dalam mensosialisasikan program pendidikan, sosial, dan kemanusiaan, menggunakan beberapa cara yaitu melalui direct mail pendekatan pribadi, media campaign (internet, surat kabar, televisi, brosur, spanduk, banner) dan event-event yang dilaksanakan (pengajian bulanan, membuka stand both). Keywords: Pendidikan, Sosial, dan Kemanusiaan, Wali Care Foundation, Program, Strategi Komunikasi, SWOT.