Pengaruh Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa
Main Author: | Winda Ayuningtyas |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2016-12/76440-WINDA AYUNINGTYAS-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP swasta di Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015, bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran Model Eliciting Activites (MEAs) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain randomized control group posttest only yang melibatkan 49 siswa sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri atas kelompok kontrol (ekspositori) dan kelompok eksperimen (Model Eliciting Activites). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Model Eliciting Activites lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. (tstatistik = 3,193 dan p-value = 0,0015 < 0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Model Eliciting Activites lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. (tstatistik = 1,854 dan p-value = 0,035 < 0,05). Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Model Eliciting Activites memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa baik kelas ekperimen maupun kelas kontrol. (rstatistik = 0,739 dan p-value = 0,000) dan (rstatistik = 0,459 dan p-value = 0,0105).