Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Pgri 56 Ciputat
Main Author: | Moh. Rokib |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2016-12/76433-MOH ROKIB-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar IPS Sejarah SMA PGRI 56 Ciputat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui atau membuktikan ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA PGRI 56 Ciputat dengan menggunakan media gambar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Reaseach) adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas, yang hakikatnya dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Metode ini digunakan untuk mengetahui proses penerapan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar kelas XI SMA PGRI 56 Ciputat, siswa yang diteliti terdiri dari 25 orang. Instrument yang dipakai adalah lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan Tes (pre test dan post test). Data yang diperoleh dari instrument penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dan dengan menggunakan N-Gain untuk melihat selisih anatara pre test dengan post test pada setiap siklus, untuk melihat perbedaan hasil belajar pada setiap siklus. Temuan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar kelas XI SMA PGRI 56 Ciputat ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan II. Pada siklus I rata-rata nilai pre test 48 meningkat menjadi 67 pada nilai pos test tetapi belum 100% siswa mencapai nilai KKM. Sedangkan hasil belajar siswa siklus II lebih baik dari siklus I yaitu nilai rata-rata pre test siswa 59 menjadi 81 pada nilai post test. Dan jumlah siswa yang mencapai KKM sudah 100%. Dengan demikian, penggunaan media gambar menjadi unsur terpenting dalam peningkatan hasil belajar IPS Sejarah kelas XI SMA PGRI 56 Ciputat. Karena dengan penggunaan media gambar ini siswa dapat lebih aktif dalam kegiantan pembelajaran IPS Sejarah, sehingga dapat mendukung tercapainya hasil belajar yang diharapkan