سياسة الحكومة على المدا رس الإسلامية بجنوب تايلاندمنذ أواخر القرن العشرين
Main Author: | Abdulloh Mama |
---|---|
Format: | Doctoral |
Terbitan: |
Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan pembaharuan pendidikan Islam di Thailand Selatan sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh faktor politik kebijakan negara. Dengan demikian: Semakin kuat intervensi negara terhadap pendidikan, maka semakin terbuka terjadinya pembaharuan dalam pendidikan Islam. Penelitian mendukung pendapat Prakit Prajunpaknok (1973) yang menyatakan bahwa pembaharuan pendidikan Islam yang dilakukan oleh pemerintah memberikan akses elit Islam untuk memperoleh support dari negara. Sumber utama yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut : 1.Dokumen-dokumen majlis Islam di provinsi Patani dan undang-undang pendidikan Negara. 3.Hasil wawancara dengan para tokoh pendidikan Islam di Thailand Selatan. 4.Hasil wawancara dengan para tokoh pendidikan umum di Thailand. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan sejarah dan politik. Pendekatan sejarah digunakan untuk mengkaji dinamika pendidikan Islam, sedangkan pendekatan politik digunakan untuk mengkaji kebijakan dan program pemerintah terhadap pendidikan Islam yang ada di Thailand. Penelitian dilaksanakan sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Maka pendidikan Islam di Thailand Selatan dengan sifat yang unik, perlu untuk fokus pada mengintegrasikan penelitian, sesuai dengan gaya hidup, kebutuhan sosial dan budaya dari kontak lokal dengan profesi sains dan teologi. Prinsip-prinsip yang digunakan dalam gagasan utama dari strategi dan langkah-langkah untuk perbaikan dan pengembangan pendidikan di Thailand Selatan.