Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Studi Pendekatan Komunikatif

Main Author: Khairunnisa
Format: Masters
Terbitan: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • enelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana metode komunikatif berdasarkan data-data yang ada serta menganalisis dan menjelaskan bagaimana tingkat efektivitas metode komunikatif di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah. Semakin komunikatif proses pembelajaran bahasa yang dilakukan maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh. Untuk perdebatan akademiknya, penulis setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh Lev SemyonovichVygotsky, Dell Hymes, dan Cristopher Brumfit mengenai metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa. Vygotsky berusaha untuk memberikan alternatif lain. Menurut Vygotsky mengenai metode komunikatif, menyatakan bahwa pemerolehan bahasa itu terjadi melalui jalinan interaksi sosial. Menurut Dell Hymes bahwa dalam berkomunikasi seseorang dapat menggunakan bahasa itu sesuai dengan kebutuhan. Menurut Cristopher Brumfit tujuan pembelajaran bahasa adalah agar seseorang memiliki kemampuan komunikatif dan mampu menggunakan bahasa asing secara efektif dan benar. Penulis tidak sependapat dengan teori yang dikembangkan oleh Noam Chomsky dan Burrhus Frederic Skinner, mengenai metode komunikatif yang mereka kembangkan. Hal itu dikarenakan dalam teori Noam Chomsky alat pemerolehan bahasa yang dibawa sejak bayi dilahirkan adalah hal yang menentukan potensi bahasa itu. Dengan demikian, penelitian ini mengacu kepada teori komunikatif yang telah disebutkan sebelumnya yang berkaitan dengan pembahasan penulis mengenai efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode komunikatif di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kota Bekasi. P vi Metode yang penulis gunakan dalam penulisan tesis ini adalah menggunakan metode penelitian campuran (mixed method research), yaitu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan pencampuran baik penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian dalam mengumpulkan data kuantitatif, menggunakan penelitian lapangan yaitu melakukan survei dan wawancara terhadap siswa dan guru di Madrasah dan melakukan percobaan berupa latihan soal yang diberikan secara acak atau menggunakan random sampling kemudian membandingkan hasil tes yang diperoleh dengan menggunakan metode sebelumnya dengan hasil tes yang diperoleh berdasarkan penerapan metode komunikatif. Sumber utama tesis ini adalah data-data hasil survei dan wawancara yang dilakukan di MTs Al-Hidayah. Data-data tersebut dibuat berdasarkan kisi-kisi dan instrumen pembelajaran bahasa Arab dengan metode komunikatif. Intrumen penelitian yang utama adalah peneliti sendiri, yang berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas temuannya.