Qudrah talaamidz al-shaff al-awwal min madrasah islamiyah ats-tsanawiyah al-islamiyyah ciputat ala mahaarat al-istimaa'bi istikhdaam la'b Al-asraar al-mutasalsilah Kemampuan Siswa Kelas X MA Islamiyah Ciputat Terhadap Maharah Istima? Dengan Menggunakan Permainan Bisik Berantai

Main Author: Fitiya Muftiyatuddini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2016-11/75758-FITIYA MUFTIYATUDDINI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembelajaran istima? dengan menggunakan permainan ?bisik berantai?, mengetahui kemampuan siswa terhadap maharah istima? dan imla, serta mengetahui hubungan yang terdapat antara maharah istima dengan menggunakan permainan ?bisik berantai? dan imla?. Peneliti melakukan penelitian ini terhadap siswa kelas X MA Islamiyah Ciputat tahun ajaran 2014-2015. Sedangkan populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X sebanyak 36 siswa. Metode penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik deskriptif. Adapun pengumpulan data penelitian yaitu dengan observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus ?Correlation Product Moment?. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan siswa terhadap maharah istima menggunakan permainan ?bisik berantai?, nilai tertinggi adalah 100, sedangkan nilai terendah adalah 50. Adapun hasil rata-rata adalah 84,16 (sangat baik). Dan kemampuan siswa terhadap imla?, nilai tertinggi 100, sedangkan nilai terendah 30. Adapun hasil rata-rata adalah 66,39 (cukup). Sedangkan korelasi antara kemampuan siswa terhadap istima? dan imla? adalah korelasi yang kuat dengan nilai rxy = 0,767. Dan nilai df (degree of freedom) 5% adalah 0,339. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai ro (r hitung) lebih besar dari rt (r tabel), dengan nilai 0,767 > 0,339. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan siswa terhadap istima? menggunakan permainan ?bisik berantai? dan imla. Permainan ?bisik berantai? berpengaruh dalam meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa Arab salah satunya istima?. Dalam permainan ini terdapat korelasi antara istima? dan imla? karena imla? adalah salah satu media pembelajaran istima?. Imla? saling berkaitan dengan kalam dan kitabah serta menjadi tes yang bermanfaat untuk memahami sesuatu melalui istima?.