Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Mi Nurun Najah 02 Ciputat Timur
Main Author: | Laila Fajriah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2016-11/75748-LAILA FAJRIAH-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan pemahaman konsep bangun datar dengan pendekatan matematika realistic. 2) mengetahui aktifitas siswa ketika implementasi pendekatan matematika realistic. 3) mengetahui respon siswa ketika implementasi pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Nurun Najah 02 Ciputat Timur pada tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, wawancara, tes kemampuan pemahaman konsep dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar siswa. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep bangun datar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,67 menjadi 86,67 pada siklus II. Selanjutnya, diikuti pula dengan peningkatan prosentase peningkatan dari setiap indikator pemahaman konsep bangun datar siswa yaitu translasi, interpretasi dan ekstrapolasi. Selain itu pendekatan matematika reaistik juga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan respon siswa. Hal ini terlihat dari prosentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 26,38% menjadi 72,22 % pada siklus II. Dan peningkatan prosentase responsiswa dapat terlihat dari prosentase di siklus pertama sebesar 72,22% menjadi 86,45% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V MI Nurun Najah 02 Ciputat Timur dalam pemahaman konsep bangun datar.