Implementasi physics simulation pada serious game
Main Author: | Angga Pratama |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Sains dan Teknologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Dalam komputer grafis 3D, telah menjadi sesuatu yang penting untuk memprenstasikan benda maya menjadi lebih realistis dan benar secara fisik. Salah satu cara dalam meningkatkan realitas dengan merepresentasikan physics simulation. Karena kemampuannya untuk meningkatkan realisme dalam sintesis gerak benda virtual, peneliti mencoba mengimplementasikan physics simulation ke dalam sebuah aplikasi serious game. Peneliti merancang serious game bernama �Traffic Drive�, yaitu permainan simulasi kendaraan yang memiliki pesan mengendarai kendaraan, khususnya mobil, dengan mengutamakan keselamatan yang di sajikan dengan cara yang menyenangkan. Dalam lingkungan permainan, peneliti fokus membahas simulasi fisika dari kendaraan berupa physics of gear dan physics of rollover. Kedua simulasi fisika tersebut dimodelkan menjadi aplikasi serious game dan dalam game dilakukan perbandingan tipe mobil berbeda dalam kasus simulasi fisika rollover. Evaluasi dilakukan dengan skenario testing menganalisis data output hasil simulasi dan perhitungan manual menggunakan uji hipotesis uji T dengan kesimpulan antara data hasil simulasi dan data hasil perhitungan manual hampir sama.