Pengembangan pembelajaran adobe photoshop berbasis multimedia pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Studi kasus Madraah Aliyah Nasy'atul Khair

Main Author: Shendy Nuria Feriansyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Sains dan Teknologi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di MA.Nasy�atul Khair masih menggunakan metode ceramah (konvensional) sehingga kurang berpengaruh pada minat belajar siswa khususnya pada kompetensi dasar desain grafis (Adobe photoshop). Hal tersebut mendorong dibuatnya pengembangan pembelajaran adobe photoshop berbasis multimedia pada mata pelajaran TIK di MA Nasy�atul Khair menggunakan metode deskriptif teknik survey. Populasi seluruh siswa di MA.Nasy�atul Khair dan sampelnya sebesar 30 siswa. Instrumen untuk menjaring minat belajar siswa melalui pengembangan pembelajaran adobe photoshop berbasis multimedia dengan metode luther yaitu Konsep, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Tes dan Distribusi. Hasil kuesioner sebelum menggunakan pengembangan pembelajaran adobe photoshop berbasis multimedia melalui media digital menunjukkan minat belajar siswa dengan persentase ratarata yang rendah, Hal ini ditunjukkan siswa yang menjawab YA sebesar 38%, TIDAK sebesar 62%. Setelah menggunakan, siswa yang menjawab YA sebesar 67%, TIDAK sebesar 33%. Hasil evaluasi sebelum menggunakan media digital dalam proses belajar mengajar, penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menunjukan 17 siswa (56,67%) belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu nilai 70 sedangkan yang telah mencapai KKM sebanyak 8 siswa (26,67%), dengan nilai rata-rata 62,10, dan setelah menggunakan, siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 8 anak (26,67%) sedang siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 anak (73,33%)