Pengaruh self-efficacy dan motivasi berprestasi terhadap goal orientation guru SD Islam di wilayah Tangerang Selatan
Main Author: | Siti Mukaromah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self-efficacy, motivasi berprestasi, dan variabel demografi seperti jenis kelamin, usia, pendidikan, jurusan, status pernikahan, dan bidang studi yang diajar terhadap goal orientation guru SD Islam di wilayah Tangerang Selatan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Populasi yang digunakan adalah guru SD Islam di wilayah Tangerang Selatan, yang berjumlah 180 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tenik Non probability sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan self efficacy dan motivasi berprestasi terhadap goal orientation pada guru SD Islam di wilayah Tangerang Selatan. Selain itu, diketahui juga terdapat 58 guru memiliki skor goal orientation yang rendah, 90 guru memiliki skor goal orientation yang sedang, dan 32 guru memiliki skor goal orientation yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor penelitian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy dan motivasi berprestasi terhadap goal orientation guru SD Islam di wilayah Tangerang Selatan. Hipotesis mayor diterima karena nilai signifikan 0,039 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5%. Untuk penelitian selanjutnya, jika ingin membuat instrumen sendiri, hendaklah lebih memahami literatur yang ada agar dapat membuat instrumen yang lebih baik dari penelitian sebelumnya. Dan disarankan dapat menemukan faktor lain yang berpengaruh terhadap goal orientation.