Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi intensi belanja online

Main Author: M. Kholid Wakhid
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Psikologi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Dewasa ini internet telah berkembang menjadi media alternatif bagi konsumen untuk membeli barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi sikap, subjective norm, percieved behavior control, trust, dan faktor demografi terhadap intensi belanja online. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 subjek pengguna internet yang sudah pernah melakukan belanja online. Masing-masing subjek diberikan skala dengan jumlah 35 item beserta data diri subjek. Uji validitas masing masing item dilakukan dengan metode CFA (confirmatory factor analysis) menggunakan LISREL 8.70. Kemudian utuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda (Multiple regression analysis) menggunakan SPSS 17.0. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan dari seluruh independent variabel terhadap intensi belanja online sebesar 67.4% , sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Selanjutnya, diketahui bahwa sikap merupakan variabel yang paling mempengaruhi intensi belanja online dengan pengaruh 47,1%, percieved behavior control dengan 13,7%, subjective norm sebesar 4,1% benevolence sebesar 1,6%, dan ability sebesar 0,9%.