Pengaruh tipe kepribadian big five terhadap kepuasan konsumen pada customer on line marketing
Main Author: | LASTIANTO, Rudhi |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Kepuasan merupakan sebuah kebutuhan yang ingin dicapai oleh konsumen terhadap produk atau jasa yang ia gunakan. Apabila konsumen merasa kebutuhannya tidak terpenuhi oleh produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan, maka konsumen tersebut tidak akan merasa terpuaskan kebutuhannya. Salah satu tingkat kepuasan tersebut didukung oleh kepribadiannya, karena secara teoritis kepribadian sebagai karakteristik individual memang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tipe kepribadian yang digunakan adalah tipe kepribadian Big Five yang yang terdiri dari extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuoriticism, dan openness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tipe kepribadian Big Five terhadap kepuasan konsumen pada customer online marketing. Penelitian kuantitatif dengan analisis regresi melibatkan 173 sampel pada orang-orang yang memenuhi kriteria (pernah belanja secara online). Alat ukur kepuasan konsumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil adaptasi dari alat ukur SERVQUAL yang telah disesuaikan untuk penelitian terhadap customer online marketing. Kemudian untuk alat ukur tipe kepribadian Big Five yang digunakan adalah International Personality Item Pool NEO (IPIP-NEO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian Big Five tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dalam penjabarannya tidak ditemukan satu pun tipe kepribadian yang signifikan yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Kemudian tidak ditemukan adanya interaksi yang signifikan antara masing-masing tipe kepribadian dengan jenis kelamin. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar dapat menambahkan �berapa kali sampel telah berbelanja secara online� sebagai variabel agar informasi dan hasil penelitian lebih lengkap. (G) Daftar Bacaan: 27; buku: 12 + jurnal: 9 + internet: 5 + personal communication: 1